Pulau Reklamasi yang 'Terlanjur' Dibuat Diusulkan Jadi Hutan Kota

Intan fauzi    •    Kamis, 18 May 2017 01:59 WIB
reklamasi
Pulau Reklamasi yang 'Terlanjur' Dibuat Diusulkan Jadi Hutan Kota
Salah satu pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, tegas menolak melanjutkan proyek reklamasi pantai utara Jakarta. Namun pertanyaan selanjutnya, mau diapakan pulau-pulau yang terlanjur jadi, seperti pulau C, D, G, dan N?

Anggota tim sinkronisasi Anies-Sandi yang fokus dalam hal tata kota, Marco Kusumawijaya mengatakan, pemanfaatan pulau-pulau itu yang kini harus dipikirkan ke depannya. Ia menginginkan masukan-masukan dari masyarakat.

"Itu akan menjadi tempat kepentingan umum dengan keberpihakan masyarakat pesisir, tempatnya yang seperti apa itu yang gubernur dan wakil gubernur terpilih berharap ada masukan dari masyarakat untuk ditampung," kata Marco di Jalan Timor, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Marco menyampaikan, sejauh ini masukan dari masyarakat beragam. Ada yang ingin pulau reklamasi dijadikan hutan kota, ada juga yang ingin jadi permukiman nelayan.

"Ada juga yang ingin jadi pantai terbuka di mana kita semua bisa menikmati tapi belum ada kesimpulan. Panduan umumnya untuk kepentingan umum," ucap Marco.

Baru-baru ini Anies juga mengusulkan supaya membuat pelabuhan di pulau reklamasi. Mengenai keinginan itu, Marco bilang, bisa-bisa saja diwujudkan.

Namun sejauh ini, ia mengaku belum ada komunikasi antara pengusaha dan tim sinkronisasi terkait perubahan fungsi pulau reklamasi. "Belum (ada obrolan). Intinya itu akan dijadikan kepentingan umum, bagaimana melaksanakannya bisa digunakan banyak hal," ungkap Marco.


(REN)