Delapan Anggota Polres Sukabumi Mengutil Narkoba

Ilham wibowo    •    Senin, 07 May 2018 14:32 WIB
narkoba
Delapan Anggota Polres Sukabumi Mengutil Narkoba
Ilustrasi narkoba - Medcom.id

Jakarta: Sebanyak delapan anggota Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi ditangkap terkait kasus dugaan penggelapan barang bukti narkoba. Kasus ini tengah ditangani Direktorat Reserse Narkoba serta Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto mengungkapkan kedelapan petugas itu sudah ditahan. Kini mereka masih diperiksa intensif. 

"Saat ini sudah turun tim dari Propram Polda Jabar dan sudah dibawa ke Polda Jabar untuk diperiksa," ujar Eko ditemui dalam kegiatan Rakernis Polri di Ancol, Jakarta Utara, Senin, 7 Mei 2018.  

Mereka yang terlibat dalam kasus itu yakni Inspektur Satu Sukarno, Ajun Inspektur Dua Ipan Safari, Brigadir Kepala Borju R Sihombing, Brigadir Kepala Fajar, Brigadir Anggi Aprinal, Brigadir Deden Zulhamsyah, Brigadir Bayu Muhamad Rhamadan, dan Brigadir Cep Sudenda. 

Dari hasil penggeledahan ditemukan satu paket besar sabu seberat 170,67 gram, satu paket sedang seberat 8,4 gram, dan satu paket kecil seberat 0,8 gram. Tim Polda Jabar juga menyita dua paket kecil yang dibungkus plastik klip dibalut tisu dan lakban hitam seberat 2,43 gram. 

Eko memastikan anggota yang terlibat bakal dikenakan sanksi tegas. Selain kode etik profesi, sanksi pemecatan bakal diberikan bila penggelapan barang bukti narkoba tersebut telah diproses di pengadilan.  

"Ini sudah sangat fatal. Saya pun kecewa sekali dan saya minta maaf atas kelakuan anak buah kami," tutur dia. 

Sejumlah paket sabu yang digelapkan itu diduga hasil penggerebekan dan penggeledahan yang dilakukan tim Satuan Narkoba Polres Sukabumi di salah satu kamar di Hotel Ratu Sagara, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, Kamis, 26 April 2018. 

Penyidik juga sudah melakukan tes urine kepada delapan anggota Polres Sukabumi itu. Hasilnya, dua personel positif mengandung zat adiktif mephetamine. Mereka yakni Aipda Ipan Safari dan Brigadir Deden Zulhamsyah. 




(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA