Status Justice Collaborator Andi Narogong Perkuat Dakwaan Novanto

Damar Iradat    •    Jumat, 08 Dec 2017 07:00 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Status Justice Collaborator Andi Narogong Perkuat Dakwaan Novanto
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

Jakarta: Terdakwa kasus korupsi KTP elektronik Andi Agustinus alias Andi Narogong telah ditetapkan sebagai justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Penetapan status justice collaborator disebut bakal menguatkan dakwaan yang akan dibacakan untuk tersangka lainnya, Setya Novanto.
 
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, selama proses hukum berjalan, Andi telah mengungkap keterlibatan pihak-pihak lain dalam proyek KTP elektronik, termasuk Novanto. Oleh karena itu, permohonan justice collaborator yang dikabulkan KPK tentu akan berdampak pada penanganan perkara Novanto.
 
"Tentu saja itu berimplikasi pada proses penanganan perkara dengan tersangka Setya Novanto di penyidikan sampai dengan persidangan nanti," ungkap Febri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2017.
 
Febri melanjutkan, KPK sejak awal pengusutan terhadap Novanto telah mengantongi bukti-bukti yang kuat. Menurutnya, bukti-bukti tersebut berupa keterangan saksi, dokumen, surat, dan lainnya.

Baca: Novanto Terima USD7 Juta dari Proyek KTP-el 

Namun, keterangan yang disampaikan Andi tentu menambah kekuatan dari penanganan perkara KTP elektronik secara keseluruhan, termasuk untuk penyidikan Novanto. Apalagi, Andi di persidangan juga sudah mengakui perbuatannya dan menjelaskan kronologi pertemuan-pertemuannya dengan Novanto.
 
Selain itu, kesaksian Andi juga mengungkap soal aliran dana pada sejumlah pihak, serta mengungkap dugaan alokasi komitmen fee pada pihak-pihak tertentu. "Itu sudah diuraikan, ada di sana, tentu saja kami akan melihat kesesuaian dengan bukti-bukti yang lain," tuturnya.
 
Lembaga pimpinan Agus Rahardjo juga tak hanya mengandalkan keterangan Andi. Selama persidangan, saksi-saksi yang dihadirkan juga telah membuka peran Ketua DPR RI itu.
 
"Sejauh ini dari proses persidangan Andi Agustinus kita sudah menemukan kesesuaian dengan saksi-saksi yang lain, cukup banyak saksi yang mengatakan dan mengonfirmasi hal tersebut, dan juga bukti-bukti yang lain," ucap dia.




(FZN)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

5 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA