KPK Bantah Periksa Sejumlah eks Pejabat Polisi Madiun

Renatha Swasty    •    Jumat, 17 Mar 2017 19:49 WIB
korupsikasus korupsi
KPK Bantah Periksa Sejumlah eks Pejabat Polisi Madiun
Kabiro humas yang juga jubir baru KPK Febri Diansyah memberikan keterangan terkait status Bupati Nganjuk Taufiqurahman di Gedung KPK Jakarta, Selasa (6/12/2016). Foto: Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru bicara KPK Febri Diansyah membantah ada pemeriksaan sejumlah pejabat polisi yang pernah bertugas di Madiun, Jawa Timur. Pejabat itu diperiksa diduga untuk tersangka Wali Kota Madiun Bambang Irianto.

"Untuk pemeriksaan Madiun yang beredar info tersangka BI kami belum ada info apa benar ada pemeriksaan hari ini atau tidak," kata Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2017.

Febri menyebut, sampai hari ini KPK masih terus mendalami dugaan korupsi yang dilakukan Bambang. Ada tiga hal yang didalami, yakni korupsi terkait proyek Pasar Besar Kota Madiun tahun 2009-2012; penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas Bambang; dan Tindak Pidana Pencucian Uang.

(Baca juga: Ditahan KPK, Wali Kota Madiun Tutup Mulut)

Tapi, lanjut Febri, hingga kini dalam penyidikan itu, penyidik belum memanggil polisi. Ketika ditanya kemungkinan penyelidikan baru, Febri menjawab.

"Kalau penyelidikan baru tentu kami tidak bisa membukanya. Tapi kalau jadwal itu tidak ada," ujar dia.

Sebelumnya beredar di kalangan wartawan ada pemeriksaan pada sejumlah polisi. Mereka diperiksa berkaitan jabatannya saat itu di Madiun.

(Baca juga: Mobil Mewah Wali Kota Madiun Disita KPK)

Dalam kabar yang beredar, mereka diperiksa di Detasemen A Brimob Jl. Letjen Sutoyo, Medaeng. Tak hanya polisi, KPK kabarnya memeriksa mantan Kajari Madiun dan Kepala PN Madiun.

Mereka yang diperiksa yakni: Kombes Aldrin Hutabarat (saat ini Dir Krimum Polda Banten); Kombes Krisno Siregar (saat ini Dir Resnarkoba Polda Jateng); Kombes Ade Deriyan Jayamatra (saat ini Dit Tipikor Bareskrim); Kombes Anom Wibowo (saat ini Dir Reskrimum Polda NTB); AKBP Ucu Kuspriadi (saat ini Kasubag Anevdalpro SSD); AKBP Farman (saat ini Wadireskrim Polda Bali); AKBP Agud Yulianto (saat ini Kapolres Banyuwangi).



(MBM)