Banyaknya Oknum Terungkap Bukti Bersih-bersih Polda Metro

Deny Irwanto    •    Selasa, 18 Oct 2016 12:48 WIB
pungli
Banyaknya Oknum Terungkap Bukti Bersih-bersih Polda Metro
Petugas kepolisian mengawas peserta ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) -- ANT/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Jakarta: Berdasarkan catatan kepolisian, ada 81 kasus pungli yang melibatkan 101 polisi, sejak 1 Oktober-16 Oktober 2016. Dari jumlah itu, sebanyak 33 pelaku pungli adalah anggota Polda Metro Jaya.

Banyaknya oknum yang terungkap adalah bukti keseriusan Polda Metro Jaya dalam bersih-bersih secara internal. "Itu komitmen bapak Kapolda dan bapak Kapolri atas perintah bapak Presiden. Tentu kita tindak lanjuti. Sebelum kita OTT di Kemenhub, kita sudah lakukan bersih-bersih secara internal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/10/2016).

Awi menjelaskan, praktik pungli pada pelayanan publik terkait pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan terus dibersihkan. Itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo.

(Baca: 101 Polisi Ditangkap karena Pungli)

Pembersihan, lanjut Awi, diyakini akan membuat masyarakat makin percaya dengan polisi. Sehingga, warga tidak lagi menggunakan jasa calo untuk mengurus administrasi di kepolisian.

"Kan sekarang sudah era keterbukaan, buat apa kita jaga image? Kita ingin memperbaiki. Ini niat yang tulus dari pimpinan kita untuk bersih-bersih. Jadi, untuk apa kita tutup-tutupi?" jelas Awi.

(Baca: Empat Tempat Paling Banyak Terjadi Pungli)

Menurut Awi, operasi pemberantasan pungli akan terus dilakukan anggota Bidang Profesi dan Pengamanan Polri. "Kita akan terus bersih-bersih. Jadi, jangan coba-coba anggota melakukan pungli," pungkasnya.

 


(NIN)