Kekayaan Kalapas Sukamiskin Baru Mencapai Rp1,8 Miliar

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 26 Jul 2018 18:29 WIB
suap fasilitas lapas
Kekayaan Kalapas Sukamiskin Baru Mencapai Rp1,8 Miliar
Ilustrasi--Lapas Sukamiskin--MI/Bayu Anggoro

Jakarta: Tejo Harwanto resmi dilantik sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Tejo diangkat menggantikan Wahid Husein, yang ditangkap dan ditetapkan tersangka suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelum menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin, Tejo merupakan Kalapas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Dia juga tercatat pernah menjadi Kalapas Kelas IIA Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di laman acch.kpk.go.id, Tejo tercatat memiliki harta sebanyak Rp1,8 miliar.

Harta kekayaan Tejo itu terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta tak bergerak terdiri dari tiga bidang tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Pusat dan Kabupaten Jember. Ketiga aset itu bernilai Rp1,03 miliar.

Baca: Mengintip dari Dekat Lapas Sukamiskin

Sedangkan, harta bergerak terdiri dari satu unit mobil Toyota, dua unit motor Honda Vario, satu unit motor Honda Supra, dan satu unit motor Yamaha V-ixion. Total nilai aset bergerak tersebut sebesar Rp168,7 juta.

Tak hanya itu, Tejo juga tercatat memiliki peternakan senilai Rp90 juta, logam mulia senilai Rp102 juta, dan benda bergerak lainnya Rp35 juta. Dia juga memiliki surat berharga senilai Rp3 juta serta giro dan setara kas senilai Rp529,2 juta.

Baca: Kalapas Tanjung Gusta Medan Gantikan Wahid Husen

Selain itu, Tejo tercatat memiliki utang berupa pinjaman uang dan barang sebesar Rp62,6 juta. Harta ini dilaporkan Tejo pada 31 Desember 2016.

Tejo bersama 12 pejabat di Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM resmi dilantik, Kamis, 26 Juli 2018. Pelantikan dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly di Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM.


(YDH)