Harta Bupati Bengkulu Selatan Mencapai Rp2 Miliar

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 16 May 2018 16:39 WIB
OTT Bupati Bengkulu Selatan
Harta Bupati Bengkulu Selatan Mencapai Rp2 Miliar
Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud (berjaket hitam) tiba di KPK/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud. Dia ditangkap bersama istri dan dua orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu, 16 Mei 2018.

Dalam situs resmi acch.lhkpn.go.id, Dirwan tercatat melaporkan hartanya pada 2 November 2016. Saat itu Dirman sudah menjabat sebagai bupati.

Pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) itu, Dirwan diketahui memiliki harta lebih dari Rp2 miliar. Harta kekayaan itu terdiri dari benda bergerak dan tidak bergerak.

Baca: Bupati Bengkulu Selatan Diduga Terima Fee Proyek

Dirwan tercatat memiliki tanah dan bangunan di Bengkulu Selatan. Tanah itu bernilai Rp925 juta.

Ia juga memiliki satu unit mobil Suzuki Baleno dan satu unit mobil Isuzu Panther. Diperkirakan, kedua alat transportasi itu bernilai Rp434 juta.

Dirwan memiliki perkebunan dan peternekan senilai Rp230 juta. Ia juga memiliki  logam mulia senilai Rp59 juta.

Dalam situs itu juga tercatat Dirwan memiliki harta dalam bentuk giro dan setara kas senilai Rp471 juta. Harta orang nomor satu di Bengkulu Selatan itu bertambah kurang lebih Rp500 juta dari LHKPN tahun sebelumnya, ketika ia masih sebagai calon bupati.

Baca: KPK Tangkap Swasta Selain Bupati Bengkulu Selatan

KPK kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang kepala daerah. Kali ini, tim Lembaga Antirasuah menangkap Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud (DM) dan istrinya.

Tim juga menangkap dua orang dalam operasi senyap tersebut. Belum diketahui secara detail kasus suap yang menjerat empat orang itu.

Dirwan, sang istri, dan dua orang lainnya menjalani pemeriksaan intensif di markas Lembaga Antirasuah. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka setelah diterbangkan ke Jakarta siang tadi.




(OJE)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

38 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA