Bupati Taufiqurrahman tak Mengindahkan Wejangan Jokowi

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 25 Oct 2017 21:09 WIB
kasus korupsi bupati nganjuk
Bupati Taufiqurrahman tak Mengindahkan Wejangan Jokowi
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Bupati Nganjuk Taufiqurrahman tak mengindahkan wejangan Pesiden Joko Widodo terkait bahaya korupsi. Politikus PDI Perjuangan itu ditangkap KPK sehari setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara.
 
Orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk mencederai keseriusan Presiden memberantas korupsi. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk tidak terjerumus dalam pusaran korupsi. Jokowi juga menyatakan tidak bisa menghentikan langkah KPK dalam memberantas korupsi melalui kegiatan operasi tangkap tangan (OTT).

Baca: 15 Orang Ditangkap KPK dalam OTT Bupati Nganjuk

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dugaan sementara Taufiqurrahman melakukan tindak pidana suap di Kabupaten Nganjuk dan berlanjut di Jakarta. "Diamankan juga uang dalam bentuk mata uang rupiah," kata Febri di gedung KPK, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2017.
 
Dari operasi senyap itu, sebanyak 15 orang diamankan. Mereka ditangkap di dua lokasi,  Jakarta dan Nganjuk. Namun, dia tidak menjelaskan secara detail total orang yang ditangkap di masing-masing lokasi tersebut.
 
Hasil penelusuran Metrotvnews.com, Taufiqurrahman sudah masuk daftar catatan hitam KPK. Dia pernah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 6 Desember 2016.
 
Taufiqurrahman menjadi bupati selama dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018. Dia diduga terlibat kasus korupsi atas lima proyek yang berlangsung pada 2009. Proyek pembangunan jembatan Kedung Ingas dan proyek rehabilitasi saluran Melilir Nganjuk.

Baca: Hasto Tegaskan Tindakan Bupati Nganjuk tak terkait Partai 

Kemudian, proyek perbaikan Jalan Sukomoro sampai Kecubung, proyek rehabilitasi saluran Ganggang Malang, dan proyek pemeliharaan berkala Jalan Ngangkrek ke Blora di Kabupaten Nganjuk.
 
Namun, status tersangka Taufiqurrahman gugur setelah gugatan praperadilannya menang. KPK akhirnya melimpahkan kasus Taufiqurrahman itu ke Kejaksaan Agung.




(FZN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA