Personel Polri Diperintahkan Mencermati Peta Kerawanan Perayaan Imlek

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 15 Feb 2018 12:12 WIB
imlek
Personel Polri Diperintahkan Mencermati Peta Kerawanan Perayaan Imlek
Kapolri Jenderal Tito Karnavian/Medcom.id/Yona

Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan personel Korps Bhayangkara meningkatkan pengamanan Tahun Baru Imlek, Jumat, 16 Februari 2018. Masing-masing Kapolda harus bisa melihat potensi kerawanan.

"Kita sampaikan kepada rekan-rekan kepala Kepolisian Daerah melihat peta kerawanan daerah masing-masing  yang tentu tidak sama  dari waktu ke waktu," tegas Tito di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis, 15 Februari 2018.

Bekas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) itu menjelaskan pengamanan dilakukan di tempat ibadah, pusat keramaian, dan berbagai lokasi yang digunakan untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Rencana pengamanan, tegas Tito, dibuat masing-masing aparat keamanan daerah.

"Polres dan Polda sudah memiliki rencana itu. Masing-masing pihak memiliki rencana yang tidak sama satu sama lain karena kita melihatnya dari kerawanannya. Itulah gunanya terlebih dahulu perhatikan peta kerawanan," ujar eks Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri itu.

Tito percaya aparat Polres dan Polda sangat memahami  penanganan di hari besar. Namun, pengamanan tetap perlu ditingkatkan agar berbagai kejadian tak diinginkan tidak kembali terulang.

"Catatan penting, Polri perlu meningkatkan keamanan di tempat-tempat perayaan Imlek dalam rangka untuk mengamankan perayaan itu sendiri. Tolong dicatat itu dan digarisbawahi," tegas Tito.




(OJE)