Kejagung Bentuk Tim Khusus Atasi Kasus di Perairan

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 10 Jan 2018 03:47 WIB
kejaksaan agung
Kejagung Bentuk Tim Khusus Atasi Kasus di Perairan
Jaksa Agung M. Prasetyo. Foto: MI/Immanuel.

Jakarta: Kejaksaan Agung akan membentuk tim jaksa khusus mengawasi kasus kejahatan di perairan. Tim yang dibentuk akan fokus pada masalah yang ada di laut seperti ilegal fishing dan penyelundupan.

"Saya kemarin bertemu KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut). Kami akan hidupkan kembali jaksa masuk laut," ujar Jaksa Agung Prasetyo di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 9 Januari 2018.

Prasetyo menyebut sudah punya kesepakatan soal rencana ini KSAL Laksamana Ade Supandi. Kerjasama pembentukan tim yang dinamai 'jaksa masuk laut' ini akan dipercepat.

"Secepatnya akan kerjasama untuk membawa serta jaksa kita memberikan pengarahan dan penegakan hukum di tengah laut pada masyarakat yang banyak tinggal di pantai atau laut," ungkap Prasetyo. 

Selain 'jaksa masuk laut', kata Prasetyo, korps adhyaksa juga telah membentuk 'jaksa masuk sekolah'. Tim ini dibentuk untuk mengenalkan hukum ke pelajar. 

"Kita negara hukum tapi seringkali belum jelas hukum diletakkan di mana. Dengan ini diharap mereka lebih menaati hukum," ujarnya.


(AGA)