Kapolda Metro Jaya Dipromosikan Jadi Kabareskrim Polri

Siti Yona Hukmana    •    Selasa, 22 Jan 2019 11:42 WIB
polisi
Kapolda Metro Jaya Dipromosikan Jadi Kabareskrim Polri
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Idham Azis. Tito juga melakukan rotasi pada sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polda Metro.

Idham Azis dipromosikan menjadi kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Jabatan yang ditinggalkan Idham diisi oleh Irjen Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya menjabat sebagai asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Pemutasian jabatan ini tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/188/I/KEP/2019. Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal membenarkan mutasi jabatan itu.

"Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty personel Polri. Juga sebagai penyegaran sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam melindungi, melayani, mengayomi, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan hukum," kata Iqbal saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Januari 2019.  

Sejumlah pati lain yang dirotasi di antaranya Komjen Arief Sulistyanto yang mulanya sebagai Kabareskrim Polri dirotasi menjadi Kalemdiklat Polri. Kemudian, Kabaintelkam Polri Komjen Lutfi Lubihanto dimutasi sebagai Pati Baintelkam Polri.

Jabatan Lutfi diganti oleh Komjen Unggung Cahyono. Sebelumnya menjabat sebagai kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Baca: Idham Aziz Resmi Jadi Kapolda Metro

Lalu, Irjen Agung Sabar Santoso sebelumnya menjabat sebagai wakil Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri dirotasi menjadi Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri. Jabatan Wairwasum Polri digantikan oleh Irjen Umar Septono yang dulunya sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selanjutnya, jabatan Kapolda Sulsel diisi Irjen Hamidin yang sebelumnya menjabat adalah pati Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88) Polri (penugasan pada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT).


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA