Berkas Richard Muljadi Diserahkan ke Kejaksaan

Siti Yona Hukmana    •    Rabu, 07 Nov 2018 19:58 WIB
narkoba
Berkas Richard Muljadi Diserahkan ke Kejaksaan
Narkoba. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jakarta: Berkas kasus narkoba Richard Muljadi, cucu konglomerat Kartini Muljadi, dilimpahkan ke kejaksaan. Berkas dikirimkan Senin, 29 Oktober 2018. 

"Berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta Selatan, Rabu, 7 November 2018. 

Menurut dia, penyidik Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya tengah menunggu evaluasi dari jaksa penuntut umum (JPU). Bila berkas dinyatakan lengkap atau P21, penyidik akan mengirimkan tersangka dan barang bukti. Persidangan pun dapat dimulai.

Richard ditangkap oleh Kombes Herry Heryawan. Dia diringkus di salah satu restoran di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Agustus 2018, sekitar pukul 01.00 WIB.

Polisi menyita barang bukti berupa sebuah Iphone X hitam. Pada layar ponsel tersebut terdapat serbuk putih yang diduga adalah kokain sisa pakai.

Baca: Bandar 35 Kg Sabu di Medan Divonis Mati

Polisi juga mengamankan selembar uang AUD5. Di uang tersebut juga terdapat serbuk putih yang diduga kokain dari sisa pakai.

Richard ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis, 23 Agustus 2018. Dia dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 112 ayat 1 dan Pasal 127 ayat 1a. 




(OGI)