KPK akan Hadirkan Pejabat Kemendagri di Sidang KTP-el

Surya Perkasa    •    Senin, 17 Apr 2017 09:38 WIB
korupsi e-ktp
KPK akan Hadirkan Pejabat Kemendagri di Sidang KTP-el
Ilustrasi. Foto: Antara/Prasetia fauzan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah pejabat Kementerian Dalam Negeri bakal dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus korupsi proyek KTP basis elektronik (KTP-el). Mereka akan bersaksi untuk menjabarkan fakta pengadaan proyek senilai Rp5 triliun itu.
 
Jaksa Penuntut Umum KPK memanggil Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Joko Kartiko Krisno.
 
Jaksa juga akan menghadirkan Mahmud dan Toto Praetyo yang kini menjabat sebagai pegawai di Ditjen Dukcapil.
 
Selain itu, PNS di Ditjen Dukcapil Toto Prasetyo  dan seorang saksi bernama Hendry Mamik juga dipanggil.
 
Persidangan kali ini juga menghadirkan Ketua Tim Teknis dalam proyek KTP-el, Husni Fahmi. Dia adalah orang yang mengetahui soal teknis KTP-el.
 
Sedangkan satu saksi lainnya yaitu Setya Budi Arijanta. Dia memiliki jabatan sebagai Direktur Penanganan Permasalahan Hukum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP).
 
Seperti yang telah terungkap di persidangan sebelumnya, proses tender sempat bermasalah. LKPP sempat menyatakan beberapa rekomendasi yang kemudian tidak dijalankan.
 
Tiga konsorsium pemenang lelang proyek KTP-el diketahui tidak memenuhi syarat. Namun, ketiganya tetap diputuskan sebagai peserta lelang dan akhirnya ditunjuk konsorsium PNRI sebagai pemegang pengadaan proyek KTP-el.


(FZN)