Penyelundupan 1 Ton Sabu Gunakan Kapal Pesiar

Arga sumantri    •    Minggu, 16 Jul 2017 09:32 WIB
sabupenyelundupan narkotika
Penyelundupan 1 Ton Sabu Gunakan Kapal Pesiar
Kapolri Jenderal Tito Karnavian/MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyelundup menggunakan kapal pesiar untuk mengangkut 1 ton narkoba jenis sabu ke Indonesia. Mereka membawa barang haram itu dari Taiwan menembus perairan Indonesia.

"Ini mereka menggunakan kapal Yacth, kapal pesiar itu," kata Tito di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Minggu 16 Juli 2017.

Kapal Yacht atau Small Cruise Ship merupakan salah satu jenis kapal pesiar dengan ukuran sedang. Biasanya kapal ini disewa atau bahkan dibeli miliarder dunia sebagai simbol kekayaan.

Tito menjelaskan, bagaimana kapat tersebut bisa menembus perairan Indonesia hingga ke Anyer, menjadi catatan besar kepolisian. Tito mengatakan, dari Taiwan, kapal itu masuk perairan Indonesia melalui Natuna, lalu masuk ke Selat Bangka, dan sampai ke Anyer.

"Kok bisa tidak terdeteksi kita. Ini jadi peringatan bagi kita," tegas dia.

Penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia digagalkan kepolisian, Kamis 13 Juli 2017 dini hari. Barang haram itu diselundupkan empat warga Taiwan.

Seluruh pelaku telah ditangkap, mereka ialah Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Lin Ming Hui tewas ditembak karena melawan dan membahayakan petugas saat penggerebekan. Ia merupakan bos alias pengendali penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia.

Hsu Yung Li, jadi yang paling terakhir ditangkap setelah sempat buron. Ia dicokok saat mencoba kabur menaiki bus pariwisata di Cilegon.


(OJE)

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

27 minutes Ago

KPK memeriksa Mantan Staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dal…

BERITA LAINNYA