Tjahjo Marah Korupsi Dana Desa di Pamekasan Libatkan Semua Unsur

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 10 Aug 2017 18:13 WIB
dana desa
Tjahjo Marah Korupsi Dana Desa di Pamekasan Libatkan Semua Unsur
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengadakan rapat soal dana desa - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus dana desa di Pamekasan, Madura, menyeret pejabat dari berbagai tingkatan dan unsur. Kejadian ini dinilai memalukan. Aparatur yang seharusnya mengawal penyebaran dana desa di wilayah kerja mereka justru terlibat korupsi.

"Kami sudah cukup kecewa, harusnya irjen, camatnya, bupati, kejaksaan mengawasi, ini malah sampai terlibat," kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis 10 Agustus 2017.

Tjahjo menyebut, sudah menyampaikan radiogram ke daerah untuk menindak pihak-pihak yang menyelewengkan dana desa. Pemerintah pusat sudah kehilangan kesabaran. Tjahjo berharap hal ini jadi contoh penting untuk seluruh aparatur desa.

Selain radiogram, Mendagri berencana mengumpulkan seluruh kepala daerah dan memberikan arahan. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di kesempatan yang sama menyatakan keseriusan pemerintah pusat.

"Bulan madu sudah selesai, kalau kemarin cuma diingetin saja, sekarang kalau masih macam-macam, masih main-main, kita tangkap," tandas Eko. 

Kasus di Pamekasan, kata Eko, bukan menjadi yang terakhir, karena menurut pengamatan masih ada pemangku kepentingan yang masih main-main di dana desa. Sudah ada informasi dan data lengkap terkait hal itu, sehingga kecil kemungkinan tidak terendus.

Dana desa sebesar Rp60 triliun tahun ini dijaga ketat, mengingat komitmen Presiden Joko Widodo sangat serius mengembangkan 60 ribu lebih desa di Tanah Air. Eko mengimbau masyarakat turut ambil bagian mengawal dana tersebut.

"Masyarakat diminta membantu melaporkan jika ada indikasi penyelewengan ke Satgas Dana Desa di 1500040. Kepala desa juga jangan takut lapor," kata Eko. 




(REN)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

3 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA