Istri Terduga Teroris Pegawai Kanwil Kemenag Jatim

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 15 May 2018 14:18 WIB
terorismeTeror Bom di Surabaya
Istri Terduga Teroris Pegawai Kanwil Kemenag Jatim
Menag Lukman Hakim Saifuddin/ANT/Yudhi Mahatma

Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengakui  Wikoyah, istri terduga teroris Budi Satriyo, merupakan pegawai Kementerian Agama (Kemenag). Wikoyah bertugas di Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

"Informasi yang kami dapatkan dari Kanwil Kemenag Jatim dan sejumlah aparat inspektorat jenderal yang kami terjunkan ke sana, memang betul terkonfirmasi hal itu," kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Mei 2018.

Lukman mengatakan aparatur sipil negara (ASN) di Kemenag jumlahnya tak kurang dari 220 ribu. Kemenag sulit mengawasi gerak-gerik setiap ASN ketika berada di luar lingkungan kerja.

Baca: Mantan Kombatan Sebut Mustahil Bom Surabaya Pengalihan Isu

Ia memastikan pihaknya berkomunikasi dengan penegak hukum untuk menyelesaikan masalah ini. Ia berharap perekrutan ASN lebih berhati-hati, sehingga kejadian semacam ini tak terulang.

"Tentu ini pelajaran bagi kami di Kemenag untuk lebih ketat meningkatkan kewaspadaan. Seluruh ASN dan keluarganya harus sesuai sumpah dan janji saat dia dilantik dan taati UU ASN," ucap Lukman.

Eks Wakil Ketua MPR itu memastikan memberi sanksi tegas kepada Wikoyah bila terbukti terlibat aksi terorisme yang dilakukan suaminya.  

"Kami di Kemenag akan tegas memberikan sanksi kepada seluruh ASN kita ketika yang bersangkutan melanggar hukum, sumpah, regulasi dan khususnya aturan ASN," tegas dia.

Baca: Empat Anak Pelaku Teror Jadi Saksi Mahkota

Budi ditembak mati anggota Densus 88 Antiteror di kediamannya, Perumahan Puri Maharani, Masangan Wetan, Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur. Penembakan terjadi saat Budi digerebek anggota Densus 88 sekitar pukul 07.30 WIB, Senin, 14 Mei 2018.

Budi yang sehari-hari bekerja sebagai peracik sabun itu diketahui hanya tinggal bersama Wikoyah.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA