Polri Usulkan Penjualan Alkohol Diperketat

Faisal Abdalla    •    Jumat, 27 Apr 2018 06:32 WIB
miras oplosan
Polri Usulkan Penjualan Alkohol Diperketat
Minuman keras. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jakarta: Mabes Polri mengusulkan agar regulasi terkait jual beli etanol (alkohol) dibuat. Hal ini untuk menekan penyalahgunaan etanol untuk minuman keras (miras) oplosan. 

"Kasus miras ini seperti teori balon. Kita tekan di Jakarta dan Jawa Barat, malah bergeser ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Kita minta seluruh satuan wilayah (satwil) untuk aktif, karena ini sudah seperti narkoba," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 26 April 2018. 

Menurut dia, kasus merebaknya miras oplosan di berbagai daerah yang menewaskan ratusan korban jiwa seharusnya menjadi momentum bagi pemangku kepentingan membentuk regulasi ketat terkait jual beli etanol. Pasalnya, etanol hingga kini masih dijual secara bebas. 

"Buat regulasinya misalnya yang membeli  etanol harus mendaftar dahulu begitu," jelas Setyo. 

Baca: Pabrik Miras Oplosan di Sidoarjo Digerebek

Meski begitu, Setyo menegaskan peredaran etanol di masyarakat tidak bisa dilarang sepenuhnya. Hal ini lantaran etanol masih digunakan di industri bangunan dan kesehatan. 

"Bukan dilarang ya, tapi dibatasi. Kalau dilarang total, ya tidak boleh karena etanol masih dibutuhkan untuk industri cat, alat-alat kesehatan. Jadi tidak bisa dilarang serta merta," ungkap jenderal bintang dua tersebut. 




(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA