Pimpinan KPK Gelar Pertemuan dengan Demokrat & NasDem

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 13 Sep 2017 10:50 WIB
pemberantasan korupsi
Pimpinan KPK Gelar Pertemuan dengan Demokrat & NasDem
Ilustrasi KPK - MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi mengadakan pertemuan dengan dua partai politik yakni Partai Demokrat dan Partai NasDem. Pertemuan digelar untuk berdialog tentang mewujudkan politik yang berintegritas.

"Ibu Basaria Panjaitan yang akan hadir," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dihubungi Metrotvnews.com, Jakarta, Rabu 13 September 2017.

Sementara itu, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan kajian untuk pencegahan tindak pidana korupsi serta penguatan parpol sudah dibahas sejak tahun lalu. Ada dua hal yang menjadi fokus dalam pertemuan tersebut, yakni peningkatan pendanaan politik dan pembangunan integritas parpol.

"Untuk pembangunan integritas parpol kita melakukan kajian bersama dengan beberapa profesor di LIPI juga. Hasilnya saat ini dibawa ke seluruh parpol," ujar dia. 

(Baca juga: KPK Kenalkan Politik Cerdas Berintegritas kepada Parpol)

Febri melanjutkan, selain kerja penindakan dalam memroses kasus-kasus korupsi yang melibatkan politikus, KPK juga memiliki prinsip tanggung jawab dalam hal pencegahan. Maka, untuk mewujudkan parpol yang berintegritas itu perlu ada komitmen dan keterbukaan dari para pimpinan partai politik.

Febri mengungkapkan, sejak akhir 2016 lembaganya sudah melakukan pertemuan dengan pengurus pusat PDIP, Gerindra, PKB dan Hanura. Pada pertemuan, lembaga antirasuah berkomitmen memperkuat dan membenahi parpol.

"Hal-hal yang menjadi perhatian saat ini adalah pengaturan dan penegakan kode etik, penataan sistem rekrutmen politik di parpol dan sistem akuntabilitas pengelolaan dana dan keuangan parpol," ucap dia.

KPK berharap, lewat pertemuan ini parpol sebagai pilar demokrasi menjadi bagian penting dalam segala hal perbaikan kesejahteraan. Termasuk mendukung pemberantasan tindak pidana korupsi di tanah air.

(Baca juga: Korupsi Hantam Elektabilitas Partai Politik)




(REN)