Putra Novanto Pertemukan Eni dengan Johannes Kotjo

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 11 Oct 2018 13:30 WIB
Korupsi PLTU Riau-1
Putra Novanto Pertemukan Eni dengan Johannes Kotjo
Wakil Ketua DPR RI Eni Maulani Saragih bersaksi untuk bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Putra eks Ketua DPR Setya Novanto, Rheza Herwindo, disebut memfasilitasi pertemuan Wakil Ketua DPR RI Eni Maulani Saragih dengan bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo. Pertemuan berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta.

Hal itu disampaikan Eni saat bersaksi dalam sidang kasus suap proyek PLTU Riau-1 dengan terdakwa Johannes Kotjo di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Waktu itu ada saya, ada anaknya Pak Novanto, Rheza namanya. Dia menyambungkan yang buat pertemuan di Hotel Fairmont," beber Eni, Kamis, 11 Oktober 2018.

Sebelum pertemuan dengaan Kotjo, Eni mengaku dipanggil oleh Novanto yang merupakan eks ketua Fraksi Golkar di DPR. Novanto meminta Eni membantu Rheza mengawal proyek PLTU Riau-1. 

‎"Saya datang dengan orang saya, di situ ada Pak Nov dan anaknya. Saya makan siang bareng. Terus Pak Nov bilang, bantu anaknya kalau bisa kenal dengan Pak Kotjo," beber dia.

Eni kemudian dipertemukan dengan Kotjo oleh Rheza Herwindo di Hotel Fairmont. Dalam pertemuan itu, Eni dan Kotjo membahas proyek PLTU Riau-1.

(Baca juga: KPK Diminta Tak Ragu Jerat Novanto Kasus Korupsi PLTU Riau-1)

"Pertama kali bertemu memang tidak spesifik kawal proyek PLTU ini. Pak Kotjo pengusaha besar memang ada beberapa proyek Pak Kotjo di PLN. PLN terkait PLTU," ujar dia.

Johannes Kotjo didakwa menyuap Eni dan eks Menteri Sosial Idrus Marham sebesar Rp4,750 miliar. Suap kepada dua elite Partai Golkar itu dilakukan secara bertahap dari akhir 2017 hingga Juli 2018.

Suap diberikan pada 18 Desember 2017, 14 Maret 2018, 8 Juni 2018, dan 13 Juli 2018. Fulus itu diberikan agar Eni dan Idrus mengegolkan BlackGold Natural Recourses Limited sebagai pemenang lelang pembangunan PLTU Riau-1.


 


(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA