Pemindahan Ahmad Dhani ke Surabaya untuk Keperluan Sidang

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 08 Feb 2019 23:10 WIB
ahmad dhaniundang-undang ite
Pemindahan Ahmad Dhani ke Surabaya untuk Keperluan Sidang
Terdakwa kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani berada dalam mobil tahanan usai menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Musisi Ahmad Dhani dipindahkan ke rumah tahanan (rutan) Medaeng, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Sebelumnya Dhani ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur (Jaktim).

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung Noor Rachmad mengatakan, pemindahan Ahmad Dhani dikarenakan ada keperluan sidang di Surabaya. Oleh sebab itu, pemindahan ke Surabaya harus dilakukan.

"Karena ada keperluan sidang di Surabaya dalam perkara disangka dengan pasal ITE. Untuk keperluan sidang, maka pelaksanaan penahanan itu ada di Medaeng," ungkap Noor Rachmad ditemui di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.

Oleh karena itu, kata dia, pemindahan Ahmad Dhani tidak bermasalah. Ia juga meminta masyarakat memasalahkan hal ini.

"Jadi tidak ada masalah sama sekali kok," ungkap dia.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) memastikan penahanan terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani dipindahkan ke Surabaya, Jawa Timur. Pemindahan penahanan atas permohonan dari Kejaksaan Tinggi Surabaya. 

Baca: Kasus Ahmad Dhani Tak Boleh Diintervensi

"Betul, pagi ini rencananya," ujar Kapala Bagian Humas Ditjen Pas Kemenkumham Ade Kusmayanto.

Ahmad Dhani dipindahkan untuk menjalani sidang terkait perkara pencemaran nama baik atas ucapannya di media sosial yang dinilai menyinggung kelompok atau organisasi massa saat digelar Deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus 2018.




(DMR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA