KPK Peringatkan Eddy Sindoro Segera Pulang ke Tanah Air

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 23 Dec 2016 20:37 WIB
suap di ma
KPK Peringatkan Eddy Sindoro Segera Pulang ke Tanah Air
Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif. Foto: Antara/Yudhi Mahatma

 

Metrotvnews.com, Jakarta: Eddy Sindoro tersangka baru kasus dugaan suap terkait pengajuan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, diketahui berada di luar negeri. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun memintanya segera kembali ke Tanah Air.

"Kami imbau agar tersangka segera ke Indonesia dan menyerahkan diri ke KPK, akan lebih baik bagi tersangka dan penanganan proses ini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016).

Dia menekankan, KPK telah berulang kala menghadapi tersangka yang buron ke luar negeri. Dia pun berharap Eddy koperatif, sehingga KPK tak perlu harus mengajukan red notice.

"KPK punya pengalaman itu dan sebagai warning agar hal tersebut tidak perlu terjadi dalam pengungkapkan perkara," jelas dia.

KPK, lanjut Febri, meminta Eddy belajar dari Fahmi Darmawansyah, tersangka suap terkait proyek di Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang kooperatif mendatangan KPK. Dia sebelumnya sempat berada di luar negeri saat operasi tangkap tangan 14 Desember lalu.

"KPK kerja sama dengan organisasi internasional apakah KPK lain atau interpol atau organisasi lain yang bekerja sama bila ada buron yang di luar negeri mekanismenya ada sejauh ini KPK belum pada kesimpulan itu," pungkas dia.


(LDS)