WN Malaysia Ditemukan di Batam Setelah Sebulan Disekap

Deny Irwanto    •    Senin, 20 Mar 2017 16:10 WIB
penculikan malaysia
WN Malaysia Ditemukan di Batam Setelah Sebulan Disekap
Irjen Boy Rafli Amar. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ling Ling akhirnya ditemukan aparat kepolisian di Batam, Minggu 19 Maret 2017. Warga negara Malaysia itu diculik di Johor, Malaysia, pada Selasa 21 Februari.
 
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli mengatakan, polisi juga menangkap lima orang yang diduga sebagai pelaku penyekapan. Boy menjelaskan, tersangka berinisial P, S, A, V, D, dan H. Kelimanya merupakan warga Indonesia yang diduga disuruh oleh otak penculikan warga negara Malaysia, Waklan.
 
"Sekarang Waklan ini masih buron. Polri bersama Polisi Diraja Malaysia (PDRM) masih memburu otak penculikan," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 20 Maret 2017.
 
Mengenai penangkapan, awalnya PDRM membagi informasi kepada Polri lima hari sebelum penangkapan yakni pada Kamis 16 Maret bahwa ada warga negaranya yang disekap di Indonesia. Mendapat info tersebut, Polri lantas meminta informasi terakhir korban, termasuk riwayat teleponnya.
 
"Kemudian 19 Maret, kami berhasil mengindentifikasi korban di daerah terpencil di Tamiyang, Batam. Di situ ternyata dijadikan tempat penyekapan korban penculikan," beber Boy.
 
Boy menjelaskan, para pelaku mengaku menyeberangkan Ling Ling melalui jalur tikus laut Johor-Batam. Lokasi penculikan, Tamiyang, berjarak tempuh satu jam dari Kota Batam.
 
"Saat ditemukan Ling Ling dalam kondisi sehat. Tidak ditemukan kekerasan fisik. Sekarang sudah diserahkan kepada keluarga, dalam hal ini lewat PDRM," pungkas Boy.
 
(FZN)