KY Segera Bawa Kasus Hakim Cepi ke Sidang Panel

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 10 Oct 2017 20:58 WIB
setya novanto
KY Segera Bawa Kasus Hakim Cepi ke Sidang Panel
Hakim tunggal Cepi Iskandar memimpin sidang lanjutan praperadilan Setya Novanto terhadap KPK di Pengadian Negeri Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2017). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Yudisial (KY) ikut mempersoalkan putusan praperadilan Hakim tunggal Cepi Iskandar. KY berencana membawa persoalan Cepi ke Sidang Panel dalam waktu dekat.

"(Masalah) Hakim Cepi baru akan diajukan ke Sidang Panel," kata Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari kepada Metrotvnews.com, Selasa 10 Oktober 2017.

Sidang Panel yang berisikan tiga hingga lima anggota komisi, akan menelisik apakah ditemukan pelanggaran oleh Hakim Cepi Iskandar, saat memutuskan praperadilan Setya Novanto. Usai Hasil sidang nantinya bakal disetor ke Sidang Panel.

Aidul meminta semua pihak sabar menunggu proses tersebut. Dirinya pun enggan menyimpulkan lebih dini apa yang akan diputuskan dalam sidang tersebut.

"Saya tidak berwenang untuk memberikan kesimpulan karena belum ada putusan Sidang Pleno," imbuhnya.

Sebelumnya pada akhir September 2017, Aidul menyatakan bakal memeriksa Cepi Iskandar untuk melihat motif lain dalam memenangkan Setya Novanto di sidang praperadilan. Misalnya terkait Cepi yang menolak memutar rekaman dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Dalam konteks kewenangan, KY akan melihat apakah sikap atau putusan dari hakim praperadilan menolak rekaman (diputar dalam persidangan) hanya karena alasan sudah masuk pokok perkara apa memang seperti itu," kata Aidul belum lama ini


(SCI)