Novanto Bergantung Pada Praperadilan

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 08 Dec 2017 02:41 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Bergantung Pada Praperadilan
Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto (kedua kanan) seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Kuasa Hukum Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketut Mulya Arsana mengaku belum menyiapkan langkah hukum lain setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkab berkas kliennya ke pengadilan. Saat ini, tim kuasa hukum tersangka korupsi KTP-el itu hanya bergantung pada gugatan praperadilan.

"Kalau dari kami saya kira kami akan fokus ke praperadilan saja," kata Ketut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2017.

Kendati begitu, dia mengaku optimis pihaknya mampu memenangkan praperadilan. Terlepas dari keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta yang sudah memutuskan jadwal sidang perkara korupsi KTP-el pada Rabu 13 Desember 2017.

"Mari kita ikuti prosedur, tidak usah berpolemik. Kita liat saja proses praperadilan dan persidangan di materi pokok," ujar dia.

Baca: Novanto Terima USD7 Juta dari Proyek KTP-el

Ketut belum mau berbicara banyak perihal strategi tim kuasa hukum Novanto dalam menghadapi pemaparan jawaban Tim Biro Hukum KPK pada sidang berikutnya. Dia hanya menjelaskan kalau pihaknya baru menyiapkan bantahan keterlibatan Novanto di kasus megakorupsi yang rugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

"Kita akan uji, lihat di persidangan. Karena kan yang beredar info banyak banget berkasnya. Itu apa kan kita tidak tahu, maka kita lihat di persidangan ini," pungkas Ketut.

Sidang gugatan praperadilan dilanjutkan Jumat 7 Desember 2017 besok, dengan agenda jawaban KPK sebagai termohon dan penyerahan alat bukti dari pemohon dan termohon. Hakim tunggal Kusno juga mempersilahkan pihak pemohon mengajukan maksimal dua saksi.


(MBM)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

15 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA