Ganjar tak Tahu Soal Kode Warna Pembagian Uang KTP-el

Damar Iradat    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:43 WIB
korupsi e-ktp
Ganjar tak Tahu Soal Kode Warna Pembagian Uang KTP-el
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: MI/BARY FATHAHILAH

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Komisi II DPR RI, Ganjar Pranowo, tak mengetahui soal bagi-bagi uang di komisinya terkait proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Ia juga membantah mengetahui ada kode-kode pembagian uang.
 
"Enggak pernah dengar (bagi-bagi uang di Komisi II)," kata Ganjar saat bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017.

Baca: Ganjar Dicecar Proyek KTP-el `Milik` Partai Tertentu

Penasihat hukum Andi, Samsul Huda kemudian mengonfirmasi soal kode warna untuk tiap-tiap partai terkait pembagian uang hasil proyek KTP-el. Namun, Gubernur Jawa Tengah itu mengaku tidak mengetahui.
 
Dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa kepada Andi beberapa waktu lalu, Andi memberikan warna untuk memberikan uang kepada pihak parlemen. Partai Golkar dengan kode kuning bakal diberikan uang Rp150 miliar, Partai Demokrat dengan kode biru akan diberikan uang Rp150 miliar, dan PDIP dengan kode merah akan diberikan uang Rp80 miliar.

 

Kemudian, Marzuki Ali dengan kode MA akan diberikan uang Rp20 miliar; Anas Urbaningrum dengan kode AU akan diberikan uang Rp20 miliar; Chairuman Harahap dengan kode CH akan diberikan Rp20 miliar; serta partai-partai lainnya sejumlah Rp80 miliar.
 
Dalam kesempatan itu, Ganjar kembali membantah ikut menerima aliran dana proyek KTP elektronik. Ia mengaku baru mendengar soal bagi-bagi uang saat diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini.
 
"Terima uang maksudnya, tidak. Sama sekali (tidak), dan saya sudah pernah jelaskan di sidang waktu kesaksian (untuk) Pak Sugiharto dan Irman," kata Ganjar.
 
Ganjar juga mengaku sempat ada tawaran uang dari mantan anggota Banggar DPR Mustokoweni. Namun, tawaran itu ditolak Ganjar.




(FZN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA