Nama Dua Calon Hakim Agung Diserahkan ke DPR

Damar Iradat    •    Senin, 11 Jun 2018 13:27 WIB
mahkamah agung
Nama Dua Calon Hakim Agung Diserahkan ke DPR
Mahkamah Agung/MI/Bary Fathahilah

Jakarta: Komisi Yudisial (KY) telah menyerahkan dua nama Calon Hakim Agung (CHA) Periode II Tahun 2017-2018 kepada pimpinan DPR. Juru bicara KY Farid Wajdi mengatakan dua nama itu diserahkan setelah KY menetapkan kelulusan CHA melalui rapat pleno yang dihadiri semua anggota.

"Berdasarkan Pleno KY pada Senin (21 Mei 2018), KY menetapkan dua CHA untuk mendapatkan persetujuan DPR, yaitu Abdul Manaf dari Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh dari Kamar Perdata," ungkap Farid melalui keterangan tertulis, Senin, 11 Juni 2018

Farid menjelaskan dua calon yang diajukan KY ke DPR memang tidak memenuhi kebutuhan MA, yaitu delapan jabatan hakim agung yang terdiri dari:  satu orang di kamar agama, tiga orang di kamar perdata, satu orang di kamar pidana, dua orang di kamar militer dan satu orang kamar tata usaha negara (TUN) yang memiliki keahlian hukum perpajakan.

Farid menjelaskan tak ada CHA yang lolos seleksi kualitas pada kamar TUN. Sedangkan dua CHA yang menjalani wawancara terbuka dinyatakan tak memenuhi syarat untuk kamar pidana.

Begitu juga dengan kamar Militer. Seorang CHA yang mengikuti wawancara terbuka dinyatakan tidak lolos diajukan ke DPR. dari dua CHA yang menjalani wawancara terbuka untuk kamar perdata, hanya satu orang yang diajukan KY ke DPR .

Tak terpenuhinya kebutuhan hakim agung yang dimintakan MA merupakan upaya lembaganyamenjaga kualitas dan integritas CHA. "Untuk selanjutnya, KY akan membantu memperjuangkan kedua CHA yang telah memenuhi standar kualitas dan integritas ini agar dapat disetujui oleh DPR," ucap dia.

Penjelasan dan presentasi bakal disampaikan sejelas mungkin agar informasi tentang kapabilitas dan integritas masing-masing calon jelas. Komunikasi intensif dengan Komisi III DPR sebagai mitra KY juga bakal dioptimalkan.

"Sinergi KY dan DPR ini merupakan langkah konkret dalam upaya mewujudkan peradilan bersih dan agung," ujar Farid.


(OJE)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA