Periksa Bachtiar, Polisi Fokus Penggunaan Dana 212

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 10 Feb 2017 16:40 WIB
pencucian uang
Periksa Bachtiar, Polisi Fokus Penggunaan Dana 212
Bachtiar Nasir. Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri memeriksa Bachtiar Nasir sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang. Fokus pemeriksaan hari ini terkait penggunaan dana dari masyarakat saat aksi Bela Islam 2 Desember 2016 (212) yang dihimpun di rekening Yayasan Keadilan untuk Semua.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan patut diduga ada penyimpangan dalam penggunaan dana umat tersebut. "Penggunaannya itu pidana asal, TPPU kelanjutannya," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 10 Februari 2017.

Awal mula kasus ini saat beredarnya seruan melalui poster agar masyarakat memberikan donasi untuk aksi Bela Islam 212. Dalam poster itu, terpampang nomor rekening yang dituju dengan penanggung jawab rekening Bachtiar Nasir, Zaitun Rasmin, dan Luthfie Hakim.

Sekretaris Jenderal DPP Front Pembela Islam DKI Jakarta Novel Chaidir Hasan membantah ada pengumpulan donasi untuk aksi Bela Islam 212. Sedangkan Direktur Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Polri Brigjen Pol Agung Setya mengatakan, penyidik mengetahui ada penghimpunan dana dari umat.

"Kami sedang pastikan penyimpangan penggunaan dana itu. Ini ada banyak informasi," tegas Agung.


(TRK)