Tersangka Hoaks Surat Suara Tercoblos Bisa Bertambah

   •    Rabu, 09 Jan 2019 14:41 WIB
surat suara pemiluhoax
Tersangka Hoaks Surat Suara Tercoblos Bisa Bertambah
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kedua kanan) saat konferensi pers terkait hoaks surat suara tercoblos di Mabes Polri, Jakarta. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

Jakarta: Direktorat Tindak Pidana Siber Polri menangkap Bagus Bawana Putra pembuat konten hoaks surat suara tercoblos. Sebelum dia tersangka lain yakni LS, HY, dan J lebih dulu ditangkap.

"Tak menutup kemungkinan berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengembangan analisis bukti digital (tersangka) bisa bertambah," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam Breaking News Metro TV, Rabu, 9 Januari 2019.

Dedi mengatakan untuk sementara penyidik menetapkan Bagus sebagai aktor utama hoaks surat suara tercoblos. Pihaknya akan terus mendalami keterangan Bagfus untuk mencari apakah ada aktor intelektual yang memiliki peran lebih besar terkait hoaks itu.

Saat ini, kata Dedi, penyidik tengah melakukan analisa digital untuk mencari pembuktian ilmiah dari pemeriksaan forensik. Hal ini untuk memudahkan penyidik mencari dan menetapkan tersangka baru.

"Ditambah pemeriksaan saksi-saksi dan ahli dalam rangka mendukung konstruksi hukum. Jadi polisi tidak gegabah. Ketika ini dilakukan secara maksimal penyidik bisa menetapkan seseorang menjadi tersangka," kata dia.

Sebanyak empat pelaku hoaks surat suara tercoblos ditangkap Bareskrim Polri. Satu di antaranya Bagus yang merupakan pembuat konten.

Oleh Bagus hoaks disebarkan melalui Twitter untuk menarik simpati masyarakat. Ia kemudian menutup akun dan membuang barang bukti berupa unit telepon genggam yang dipakai beserta kartu di dalamnya lalu keluar dari Jakarta.

"Pelaku ditemukan di wilayah Sragen, Jawa Tengah," ucap Kasubdit I Dittipid Sibar Kombes Dani Kustoni di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.





(MEL)