Polisi Kawal Massa Aksi 2 Desember dari Daerah

Arga sumantri    •    Selasa, 29 Nov 2016 08:09 WIB
unjuk rasa
Polisi Kawal Massa Aksi 2 Desember dari Daerah
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Massa dari daerah diperkirakan bakal berbondong-bondong datang ke Jakarta ikut aksi 2 Desember. Polisi menyiapkan pengawalan bagi pedemo dari luar Ibu Kota.

"Dari masing masing daerah ada petugas pengawalan. Dari masing daerah diamankan dari Polda setempat," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen pol Boy Rafli Amar usai rapat pengamanan aksi 2 Desember di Mapolda Metro Jaya, Senin 28 November 2016 malam.

Boy tak memerinci jumlah personel khusus pengawal massa dari luar Jakarta. Yang jelas, kekuatan personel bakal diputuskan setiap Polda sesuai estimasi massa.

Setibanya di Ibu Kota, polisi bakal mengarahkan kendaraan yang mengangkut massa dari luar daerah menuju kantung parkir yang disiapkan. Polisi yang bakal mengatur titik-titik parkir kendaraan pengangkut massa dari luar Ibu Kota.

"Ada petugas yang mengarahkan ke mana mereka akan parkir. Begitu juga pulangnya. Sudah disepakati dengan GNPF (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa) MUI dan melakukan imbauan kembali ke daerah-daerah sesuai dengan tempat parkir berada," kata Boy.

Polisi juga bakal mengelompokkan areal parkir bagi kendaraan pedemo sesuai daerahnya masing-masing. Hal itu dilakukan buat memudahkan akses para pedemo datang dan meninggalkan lokasi aksi.

"Misalnya menuju Tangerang, Banten, di mana lokasi yang pas. Lalu menuju arah Bandung dan Tol Cikampek diatur, dan demikian yang mengarah ke Selatan," papar Boy.

Karena itu, Boy juga meminta massa aksi bisa bekerja sama. Agar, mekanisme pengaturan aksi 2 Desember bisa berjalan lancar.

Polri sebenarnya mengimbau massa di daerah tak ikut ke Jakarta saat 2 Desember. Polri menyarankan massa luar Jakarta menggelar aksi zikir bersama serupa di wilayahnya masing-masing.

Imbauan itu bukan berarti Polri melarang massa dari luar Jakarta datang ke Ibu Kota saat aksi 2 Desember. Opsi itu diberikan guna meminimalisir resiko bagi massa aksi dari daerah.


(MBM)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

23 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA