Penyidik Kembali Panggil Novel Bamukmin Pekan Depan

Arga sumantri    •    Jumat, 10 Feb 2017 15:13 WIB
pencucian uangfpi
Penyidik Kembali Panggil Novel Bamukmin Pekan Depan
Sekjen DPD FPI Jakarta Novel Bamukmin memberikan keterangan pers saat tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/1/2017). Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Novel Chaidir Hasan Bamukmin tidak bisa menghadiri pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri hari ini. Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI) DKI itu beralasan ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Melalui pengacaranya, Nurhayati, Novel minta pemeriksaan dijadwal ulang. Nurhayati menyebut, kliennya dijadwalkan dipanggil lagi pekan depan.

"Jadwalnya Senin (13 Februari 2017) ya," kata Nurhayati di Gedung Bareskrim, Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Jumat 10 Februari 2017.

Nurhayati memastikan, kliennya bakal hadir pada pemeriksaan berikutnya. Soal kasus, Nurhayati masih bertanya-tanya keputusan penyidik memanggil kliennya sebagai saksi.

Kepada Nurhayati, Novel mengaku tak mengetahui masalah aliran duit antara Yayasan Keadilan untuk Semua dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia. Novel juga bukan bagian dari kedua lembaga.

"Tapi kan sebagai warga negara dan sebagai abdi hukum memang harus hadir kalau dipanggil sebagai saksi," ucap Nurhayati.

Rekening Yayasan Keadilan untuk Semua sempat diumumkan kepada publik untuk menerima dana dari umat Islam buat aksi Bela Islam II pada 411 dan Bela Islam III pada 212. Namun, Sekretaris Jenderal DPP Front Pembela Islam (FPI) Jakarta Novel Chaidir Hasan, menyatakan tak ada sumbangan terhadap rencana Aksi Bela Islam III.

Pernyataan itu beredar di pemberitaan media daring. Inti keterangan Novel menyebut GNPF-MUI tidak membuka rekening donasi untuk aksi Bela Islam III. Informasi yang didapat, Novel diperiksa lantaran pernyataannya itu.

Sebab, polisi memastikan rekening itu benar adanya. Selain itu, ada pula dana yang masuk yang kemudian diduga disalahgunakan dan uangnya diambil melalui pencucian uang tersebut.


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA