KPK tak akan Menghentikan Penyidikan kepada Novanto

Juven Martua Sitompul    •    Selasa, 12 Sep 2017 21:17 WIB
korupsi e-ktp
KPK tak akan Menghentikan Penyidikan kepada Novanto
Juru bicara KPK Febri Diansyah--MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan menunda atau menghentikan proses penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP Elektronik (KTP-el) yang menjerat Ketua DPR RI, Setya Novanto. Pengusutan keterlibatan Novanto tetap berjalan sekalipun ada sidang gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Tidak ada satupun ketentuan yang mengharuskan KPK untuk menghentikan penyidikan saat proses praperadilan berjalan," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Febri menyebut ada tiga dasar hukum yang digunakan KPK dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. Dasar hukum itu yakni Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantan Tindak Pidana Korupsi dan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Dia menjelaskan, secara umum KUHAP berlaku bagi penindakan yang dilakukan KPK kecuali yang sudah diatur secara khusus oleh UU Pemberantasan Tipikor dan UU KPK. Terkait objek praperadilan telah diatur dalam KUHAP dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dengan dasar itulah, KPK lakukan kegiatan di bidang penindakan. Praperadilan diatur di KUHAP dan MA, tapi tidak ada satupun ketentuan yang mengharuskan KPK untuk menghentikan penyidikan," kata dia.

Baca: KPK Beberkan Peran Setya Novanto dalam Kasus KTP-el

Pimpinan DPR RI mengirimkan surat kepada KPK. Dalam surat itu, Novanto memohon kepada lembaga legislatif agar meminta KPK menunda proses penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-el sampai sidang praperadilannya selesai.

Tak hanya itu, dalam surat tersebut pimpinan DPR menyelipkan salah satu kasus dugaan gratifikasi yang menyeret Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan. Di situ dijelaskan jika KPK era kepemimpinan Abraham Samad menghormati proses hukum dengan tidak memeriksa Budi sampai pengadilan memutuskan gugatan praperadilan.




(AZF)

IDI: Pemeriksaan Kesehatan Setnov Sudah Sesuai Kaidah Kedokteran

IDI: Pemeriksaan Kesehatan Setnov Sudah Sesuai Kaidah Kedokteran

35 minutes Ago

IDI menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan Setya Novanto untuk second opinion berdasarkan kaid…

BERITA LAINNYA