Jaksa Agung: Kejaksaan Adalah Pendukung Utama KPK

Arga sumantri    •    Kamis, 14 Sep 2017 23:42 WIB
kpkkejaksaan
Jaksa Agung: Kejaksaan Adalah Pendukung Utama KPK
Jaksa Agung HM. Prasetyo (tengah) saat RDP dengan Komisi III DPR RI. (Foto: MI/Susanto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan Korps Adhyaksa adalah pendukung utama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia gerah dengan isu yang menyeruak kalau kejaksaan hendak melemahkan KPK.

Prasetyo mengatakan, selama ini kejaksaan selalu mengirim kader terbaik untuk bertugas di KPK. Semua yang bertugas di lembaga antirasuah adalah jaksa terbaik.

"Kejaksaan adalah pendukung utama KPK selama ini," kata Prasetyo di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis 14 September 2017.

(Baca juga: Kejaksaan Tegaskan tak Ingin Ambil Kewenangan Penuntutan KPK)

Kejaksaan sejatinya masih membutuhkan tenaga penuntut yang sudah dikirim ke KPK. Namun, kejaksaan tetap memprioritaskan jaksa pilihan untuk ditempatkan di KPK.

"Kalau undang-undang menyatakan kalau penuntut umum KPK dari Kejaksaan Agung, ya kita kirimkan mereka. Kurang apanya?" tutur dia.

Prasetyo menyayangkan pernyataannya dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPR ditafsirkan lain. Isu yang menyeruak justru terkesan ingin mengadu domba antara Kejaksaan dengan KPK.

"Jangankan membubarkan, melemahkan pun tidak ada niat," ucap dia.

?(Baca juga: Jaksa Agung Sindir Kewenangan Penuntutan KPK)

Prasetyo menegaskan, kejahatan korupsi di Indonesia masih masif. Kondisi itu membuat kasus korupsi mesti ditangani bersama-sama. Sinergi Kejaksaan dan KPK, sangat dibutuhkan.

"Kalau ada pendapat ke kiri-kanan, kesana kemari, sayang ada pemberitaan seperti itu. Itu justru akan mengadu domba sesama penegak hukum," ujarnya.


(HUS)