Nama Riza Chalid Muncul di Sidang Lucas

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 06 Dec 2018 20:05 WIB
suap di ma
Nama Riza Chalid Muncul di Sidang Lucas
Suasana persidangan Lucas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/12). Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Nama taipan Muhammad Riza Chalid muncul dalam sidang perkara merintangi penyidikan kasus suap Chairman PT Paramount Enterprise, Eddy Sindoro. Riza Chalid disebut sebagai salah satu kolega advokat Lucas yang menjadi terdakwa dalam perkara ini.

Hal tersebut diungkap Pegawai PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya saat bersaksi untuk Lucas. Dina mengatakan, Riza Chalid mengenal Lucas. Ia juga mengaku mengenal Lucas setelah dikenalkan oleh Riza. 

"Dikenalkan bos saya, Riza Chalid. Beliau pemilik perusahaan," kata Dina dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Dina menyebutkan, PT Gajendra Adhi Sakti pernah berhubungan dengan AirAsia. menurutnya, Riza Chalid juga pernah menjabat sebagai komisaris maskapai penerbangan tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga mengakui mengenal Duty Executive PT Indonesia AirAsia Yulia Shintawati. "Kenal, saya selalu minta red carpet di AirAsia," ucap Dina.

Sementara itu, Yulia dalam perkara ini diduga membantu upaya Eddy untuk terbang ke Bangkok tanpa diketahui petugas imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Yulia menerima uang Rp20 juta dari Lucas, karena telah membantu upaya pelarian Eddy Sindoro.

Dalam dakwaan jaksa disebutkan, Lucas meminta bantuan Dina untuk menerbangkan kliennya, Eddy Sindoro, guna menghindari penyidikan KPK. Penerbangan dari Malaysia itu menggunakan maskapai AirAsia. Eddy akan diterbangkan langsung ke Bangkok setelah tiba di Jakarta tanpa diketahui petugas imigrasi.

Baca: Perkara Lucas Dilanjutkan

Dalam perkara ini, Lucas diduga membantu Eddy Sindoro yang sedang diburu ketika melarikan diri serta menyembunyikan mantan petinggi Lippo Group tersebut keluar nege‎ri. Terlebih, saat Eddy Sindoro akan ditangkap oleh pihak otoritas Malaysia.

Eddy Sindoro sendiri sempat dideportasi ke Indonesia oleh otoritas Malaysia. Namun, Lucas diduga justru membantu Eddy untuk keluar dari Indonesia lagi.

Lucas disangka melanggar Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(DMR)