Polri Optimistis Revisi UU Terorisme Rampung Bulan Ini

Faisal Abdalla    •    Selasa, 15 May 2018 19:40 WIB
terorismeTeror Bom di Surabaya
Polri Optimistis Revisi UU Terorisme Rampung Bulan Ini
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (tengah)/MTVN/Lukman Diah Sari

Jakarta: Mabes Polri optimistis revisi Undang-Undang tentang Terorisme rampung bulan ini. Semua perbedaan pendapat sudah diselesaikan.

"Insyaallah dalam pembukaan masa sidang 18 Mei mendatang segera diproses dan dituntaskan," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Mei 2018.

Baca: Wapres Berharap Revisi UU Terorisme Segera Rampung

Setyo mengatakan UU tentang Terorisme yang ada saat ini belum mengakomodasi pencegahan terhadap terduga teroris. Polisi hanya bisa memantau kombantan-kombatan Indonesia yang kembali dari Suriah.

"Sekarang kita hanya bisa mengendus-mengendus saja, melihat, mencium baunya saja, tetapi bertindak tidak bisa. Kita tahu (seseorang teroris) tetapi UU mengatakan sebelum dia bergerak tidak boleh ada upaya paksa, ya kita tidak bisa apa-apa," sesal Setyo.

Baca: DPR Didesak Rampungkan Revisi UU Terorisme

Dia berharap UU tentang Terorisme yang baru tidak hanya responsif, tetapi juga proaktif. Polri harus bisa menindak ketika terduga teroris kembali dari Suriah dan terbukti ikut bertemput.

Setyo mengatakan bukti bisa berupa foto, video, atau keterangan saksi.  "Sudah pasti dia bisa dikenakan tindak pidana," ucap dia.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA