Bupati Rokan Hulu dan Eks Ketua DPRD Riau Dieksekusi ke Sukamiskin

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 07 Dec 2017 04:31 WIB
kpkkasus suap
Bupati Rokan Hulu dan Eks Ketua DPRD Riau Dieksekusi ke Sukamiskin
Mantan Bupati Rokan Hulu yang juga mantan anggota DPRD Riau Suparman (tengah) dan mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus (kanan)/Antara Foto/Hafidz Mubarak A

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi dua terpidana suap pengesahan RAPBD Riau 2014 dan RAPBD Riau 2015 yakni Bupati Rokan Hulu Suparman dan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus. Keduanya dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung terhitung sejak hari ini.

"Dilakukan eksekusi pada Johar dan Suparman setelah kasasi, KPK menerima putusan tanggal 30 November 2017 lalu‎ dan hari ini, dilakukan eksekusi di Lapas Sukamiskin," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Suparman dan Johar menjalani sidang perkara suap di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Pada pengadilan tingkat pertama Johar telah divonis bersalah menerima suap sebesar Rp155 juta.

Baca juga: KPK Tahan Bupati Rokan Hulu

Dalam amar putusan hakim, Johar divonis 5 tahun dan enam bulan bui serta denda Rp200 juta. Pada tingkat banding, hukuman Johar dikurangi satu tahun. Kemudian dalam putusan kasasi, MA menghukum Johar hukuman penjara selama 6 tahun dan denda Rp200 juta.

Johar dipindahkan dari lapas Bangkinang ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pagi tadi. Sedangkan, ‎Suparman tiba di Lapas Sukamiskin sejak Selasa 5 Desember 2017 kemarin.

Suparman merupakan Ketua DPRD Riau periode 2014-2019. Tahun ini, ia terpilih menjadi Bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 dan dilantik 19 April.

Kasus ini juga menyeret Ketua DPRD Riau periode 2009-2014 Johar Firdaus. Kasus ini merupakan hasil pengembangan kepada Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun dan mantan anggota DPRD Riau Ahmad Kirjauhari.

Suparman dan Johar dikenakan Pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
 


(CIT)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

12 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA