Oka Akui Beri Uang kepada Keponakan Novanto

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 13 Nov 2017 18:18 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Oka Akui Beri Uang kepada Keponakan Novanto
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: MTVN.

Jakarta: Mantan bos PT Gunung Agung Made Oka Masagung mengakui mentransfer uang sebesar USD2 juta kepada keponakan Ketua DPR Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi alias Irvan. Fulus ditransfer antarbank lewat Ikhsan Muda Harahap, pengusaha di Singapura, yang juga teman dekat Irvan.

Uang yang diberikan Oka berasal dari Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo, yang kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi KTP elektronik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menerima uang itu pada 10 Desember 2012 dan mengirimkannya kepada Ikhsan pada 11 Desember 2012.

"Saya juga pertama kali bertemu (Muda Ikhsan Harahap). Saya juga belum ingat, siapa kasih rekening saya," kata Oka saat bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 13 November 2017. 

Jaksa penuntut umum pada KPK tak puas dengan jawaban Oka. Jaksa kemudian mengonfirmasi langsung kepada Ikhsan yang turut dihadirkan sebagai saksi Andi Narogong.

Namun, Ikhsan mengaku, hanya mengingat nama perusahaan yang mentransfer uang USD2 juta itu. "Saya ingatnya dari perusahaan, namanya ada energy-nya, saya enggak tau nama," ujar Ikhsan.

Oka diketahui punya perusahaan di Singapura bernama Delta Energy. Perusahaan tersebut diduga menampung uang dari Anang lewat perusahaannya di Singapura Multicom Investmen, Pte Ltd.

Ikhsan mangatakan, dirinya mendapat arahan dari Irvan untuk menerima uang tersebut. Ia mengaku saat itu diminta untuk menyerahkan nomor rekening oleh Irvan.

"Dia bilang ada temannya mau transfer. Dia katanya mau ambil ke Singapura tapi enggak jadi," ucap dia.

Ia kemudian menghubungi Irvan usai menerima USD2 juta. Namun, Irvan tak bisa mengambilnya di Singapura dan meminta Ikhsan untuk mengantarnya ke Indonesia.

Ikhsan langsung menarik semua uang yang diterima dari Oka. Lalu, dirinya langsung terbang ke Indonesia untuk mengantarkan uang tersebut ke rumah Irvan.

Baca: Marliem dan Sugiarto Pernah Bahas Jatah Uang untuk Novanto

"Dia bilang enggak jadi ke Singapura, terus minta tolong saya bawain. Diserahkan ke Irvanto di rumahnya," ujar dia.

Oka pun mengamini soal transfer tersebut saat dikonfirmasi oleh jaksa. Dia mengaku ada transfer uang ke anaknya Endra Raharja Masagung, Komisaris Utama PT Asuransi Asoka Mas. Namun, Oka kembali lupa terkait keperluan apa transfer uang itu.

"Saya kurang tahu, sampai saat ini, saya juga baru kenal Muda Ikhsan. Dan saya juga baru tahu detik ini Pak Irvanto yang kasih rekening (Ikhsan ke saya)," pungkas dia.





(OGI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA