KPK Periksa Adik Andi Narogong

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 18 Oct 2017 13:22 WIB
korupsi e-ktp
KPK Periksa Adik Andi Narogong
Ilustrasi: Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Vidi Gunawan. Dia adalah adik dari adik Andi Agustinus alias Andi Narogong, pengusaha yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (KTP-el). 

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ASS (Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Selain Vidi Gunawan, Lembaga Antirasuah juga mengagendakan pemeriksaan terhadap tiga saksi lain. Mereka adalah Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman, serta saksi dari unsur swasta: Yusuf Darwin Salim dan Marieta. "Ketiganya diperiksa untuk tersangka yang sama," pungkas Febri.

Sementara itu, Anang Sugiana menjadi tersangka karena diduga kuat telah mengeruk keuntungan untuk diri sendiri, orang lain, atau korporasi dalam proyek KTP-el. Penetapan tersangka dilakukan setelah KPK menemukan bukti permulaan dari persidangan tiga terdakwa kasus korupsi KTP-el yakni, dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto, serta Andi Narogong.

Tak hanya itu, Anang juga diduga ikut menyerahkan uang kepada Ketua DPR RI Setya Novanto yang sebelumnya menyandang status tersangka. Uang juga diduga diberikan kepada sejumlah anggota DPR yang terlibat dalam megaproyek tersebut.

Akibat perbuatannya, Anang dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(OGI)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA