Pesan Terakhir Jenderal Badrodin untuk Polri

Damar Iradat    •    Jumat, 01 Jul 2016 11:18 WIB
hut polri
Pesan Terakhir Jenderal Badrodin untuk Polri
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memeriksa pasukan pada Hut ke-70 Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016). Foto: Damar Iradat/Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Bhayangkara disisipi pamitan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Badrodin lekas purnabakti dan akan digantikan Komjen Tito Karnavian.

Menjadi inspektur upacara untuk yang terkahir kali, Badrodin menyampaikan, salam perpisahan. Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran dan keluarga besar Polri.

"Izinkan saya selaku Kapolri yang menghadapi purnatugas menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan, kerja sama, dan partisipasi ke seluruh jajaran dan keluarga besar Polri," kata Badrodin di Lapangan Bhayangkara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Badrodin mengakui, selama menjadi Tribrata 1, dirinya belum puas dengan kinerjanya maupun kinerja Polri. Namun begitu, ia menilai ada beberapa kemajuan di institusi Polri.


Suasana HUT ke-70 Bhayangkara. Foto:Damar Iradat/Metrotvnews.com.

Salah satu kemajuan yakni, perbaikan internal Polri. Saat awal memimpin Polri, dirinya mendapati kondisi intern tidak solid. Tapi, sekarang itu sudah dibenahi. 

Kemudian, aktivitas dan kondisi keamanan negara bisa berjalan dengan baik dan tidak terganggu. Badrodin menilai, Polri juga berhasil meminimalisir konflik sosial di tengah masyarakat.

"Pada kesempatan ini, saya mohon diri dan mohon maaf," Badrodin mengakhiri pidatonya.

Pesan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo memberi selamat untuk Polri. Lewat Badrodin, Presiden berkata, "Atas nama negara, pemerintah, dan secara pribadi, selamat hari Bhayangkara kepada Polri. Sepanjang 70 tahun, Polri telah banyak memberi sumbangsih dalam pemeliharaan keamanan, penegakan hukum, dan pengayoman kepada masyarakat."

Presiden menilai, Polri berhasil menangani berbagai masalah di Indonesia, seperti terorisme, pemberantasan narkoba, dan pengungkapan kasus-kasus yang menjadi sorotan masyarakat. Secara khusus, Presiden memberi penghargaan tulus kepada Polri. 


Presiden Joko Widodo memeriksa pasukan pada HUT ke-69 Bhayangkara di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015). Panca Syurkani/MI.

Presiden mengingatkan agar Polri terus berbenah. "Peringatan ini harus jadi momentum refleksi diri, guna mengoptimalkan kinerja polri, khususnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Badrodin meneruskan pesan Presiden.

Presiden meminta kelemahan yang ada selama ini harus dilihat sebagai tantangan untuk memperbaiki diri, melakukan perubahan positif, reformasi institusi polri secara menyeluruh dan konsisten. Ini akan jadi kunci menghadapi masa depan.

Polri pun harus mengikuti zaman. Presiden melihat situasi keamanan dalam negeri tak akan lebih aman dari saat ini. Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat akan berkembang dan modern. 

"Baik dari teknologi, maupun modusnya. Karena itu harapan masyarakat juga semakin tinggi kepada Polri," tegas Badrodin.

Upacara peringatan HUT ke-70 Bhayangkara ini dihadiri oleh Kapolri terpilih Komjen Pol Tito Karnavian, beserta jajaran bintang tiga lainnya seperti Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komjen Pol Noer Ali. Selain itu, hadir pula beberapa Komisioner Komisi Kepolisian Nasional dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Basaria Pandjaitan.


(AZF)

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

Yosef Sumartono Mengaku Tak Mengenal Setya Novanto

14 hours Ago

KPK memeriksa Mantan Staf Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dal…

BERITA LAINNYA