Kuasa Hukum Ahok Meminta JPU Berani Menuntut Bebas

Ilham wibowo    •    Kamis, 20 Apr 2017 09:19 WIB
kasus hukum ahok
Kuasa Hukum Ahok Meminta JPU Berani Menuntut Bebas
Terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Antara/Bagus Indahon.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penasihat Hukum optimistis terdakwa Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama tidak menodakan agama. Jaksa penuntut umum (JPU) pun diminta berani memberikan tuntutan bebas dalam sidang kali ke-20 itu.

"Kita harapkan jaksa punya keberanian untuk menuntut bebas (Ahok)," kata anggota penasihat hukum Ahok, I Wayan Sudirta, di Auditorium Kementan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis 20 April 2017.

Wayan mengatakan, tidak ada tindak pidana yang telah dilakukan Ahok. Itu telah dibuktikan dari pemeriksaan saksi dan ahli selama sidang sebelumnya.

"Setelah sifat melawan hukum tidak terbukti, kan pak Basuki menjalankan undang-undang. Jelas bagaimana seorang kepala daerah harus menyejahterakan rakyatnya," kata Wayan.

Baca: Ahok Siap Dengarkan Pembacaan Tuntutan

Wayan menambahkan, kasus Ahok juga tidak terbukti terdapat unsur melakukan penodaan terhadap agama. Selain itu, unsur kesengajaan dan unsur niat pun telah jelas dijabarkan dalam persidangan.

"Kalau dirinci, fakta-faktanya jelas. Hari ini kami sudah siap," ujarnya.

Sidang tuntutan Ahok ini sebelumnya sempat ditunda lantaran JPU belum selesai menyusun surat tuntutan. Anggota JPU Ali Mukartono mengatakan, penyelesaian berkas terkendala karena banyaknya saksi tambahan. 




(OGI)