Polri akan Maksimal Amankan Sidang Tuntutan Ahok Besok

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 19 Apr 2017 15:08 WIB
kasus hukum ahok
Polri akan Maksimal Amankan Sidang Tuntutan Ahok Besok
Kapolri Jenderal Tito Karnavian--MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang terdakwa kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, akan digelar besok, Kamis 20 April 2017. Polri menyiapkan pengamanan sidang.

"Kita akan lakukan pengamanan juga di sidang yang ada Ragunan dengan agendanya nanti adalah tuntutan," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 19 April 2017.

Tim intelijen diterjunkan untuk mengetahui keadaan di sekitar wilayah sidang dan jalannya sidang. "Yang jelas pengamanan akan kita lakukan semaksimal mungkin," ucapnya.

Baca: Penyebab Jaksa Belum Selesaikan Berkas Tuntutan Ahok

Berkas tuntutan terhadap terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum rampung. Akibatnya, sidang tuntutan mesti ditunda.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Mukartono mengatakan, penyelesaian berkas terkendala banyaknya saksi tambahan. Bukan cuma itu, beberapa keterangan tambahan ahli yang dihadirkan juga jadi musabab terkendalanya penyelesaian berkas tuntutan.

Ali mencontohkan, ada sekitar empat keterangan saksi yang belum selesai dimasukkan dalam berkas. Ada juga enam ahli tambahan yang memberikan keterangan cukup panjang.

Ali menyebut, ia dan tim berupaya merampungkan berkas tuntutan rampung sepekan terakhir. Namun sampai malam tadi, target penyelesaian berkas tuntutan meleset. Ia dan tim berjanji, pada persidangan 20 April, berkas rampung. "Mestinya bisa selesai, ini kan waktunya lebih panjang dari kemarin," kata Ali.

Menurutnya, penundaan tuntutan murni karena masalah teknis. Ia menampik sidang tuntutan ditunda lantaran ada surat usulan dari Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan.


(YDH)