Zumi Zola Benarkan Ada Uang Ketuk Palu RAPBD Jambi

Media Indonesia    •    Kamis, 15 Mar 2018 09:02 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola Benarkan Ada Uang Ketuk Palu RAPBD Jambi
Ilustrasi: Tersangka korupsi. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jambi: Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli membenarkan ada permintaan uang ketuk palu dari DPRD Jambi terkait pengesahan RAPBD Jambi 2018. Dia mendengar hal itu dari Erwan Malik, Plt Sekda Provinsi Jambi, yang kini menjadi terdakwa kasus suap ketuk palu yang diusut oleh KPK.

"Yang mulia, permintaan langsung kepada saya tidak ada. Saya mendapatkannya dari Erwan Malik. Namun, gelagatnya sudah saya baca dari sikap pihak DPRD yang menunda-nunda jadwal paripurna. Sikap saya, jelas tidak mau memenuhinya karena melanggar aturan hukum. Sikap itu juga sama dengan sikap Pak Erwan Malik," kata Zumi saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jambi, kemarin, Rabu 14 Maret 2018.

Zumi menyebut besaran uang ketuk palu yang dia dengar dari Erwan Malik untuk para anggota DPRD Jambi, yakni Rp200 juta per orang. Selain itu, dia dilapori adanya permintaan dari pimpinan DPRD berupa fee proyek sebesar 2 persen untuk pembangunan jalan layang di Sipin Ujung, Kota Jambi.

Dia menegaskan tidak akan memenuhi permintaan itu. Selain tidak tahu mau diambilkan darimana uangnya, permintaan itu kontraproduktif dan tidak pantas disampaikan sosok pimpinan wakil rakyat di DPRD Jambi.

Baca: Dalil KPK belum Tahan Zumi Zola

Menjawab pertanyaan jaksa terkait adanya operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jambi, Zumi mengatakan sempat menanyakannya lewat telepon kepada Erwan Malik. "Pak Erwan menjawab Bapak tidak terlibat. Namun, saya jawab, ini ada apa? Setelah itu, dia tidak bisa saya hubungi lagi," kata Zola.

Terkait hubungannya dengan Asrul Pandapotan Sihotang, pihak swasta dalam kasus ini, Zumi menyebutkan yang bersangkutan ialah teman baiknya. Asrul sering dijadikankannya tempat untuk bertukar pikiran dan minta pendapat untuk pembangunan Jambi.

"Dia masuk tim sukses saya dulu. Saya menilai dia sosok yang objektif untuk saya mintakan saran atau pendapat. Dia hanya salah satu tempat saya meminta saran dan masukan, banyak juga yang lain," kata Zumi.




(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA