Bareskrim Sebut Dua Tersangka Penjual Orang Utan Pemain Baru

Dheri Agriesta    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:21 WIB
satwa dilindungi
Bareskrim Sebut Dua Tersangka Penjual Orang Utan Pemain Baru
Direktur Tindak Pidana Tertutup Brigjen Purwadi Arianto (kemeja garis) bersama aktivis peduli satwa liar -- MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua orang berinisial HY dan Z dibekuk polisi karena diduga memperdagangkan hewan langka jenis orang utan. Bareskrim menyebut keduanya sebagai pemain baru dalam bisnis perdagangan orang utan.

"HY dan Z ini baru sekali menjual orang utan. Ini berdasarkan permintaan," kata Direktur Tindak Pidana Tertutup Brigjen Purwadi Arianto di Bareskrim, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Purwadi menjelaskan, HY ditangkap di pintu keluar terminal bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada 26 Juli 2016. Saat diringkus, HY membawa seekor anak orang utan yang masih hidup.

Polisi melakukan pengembangan usai menangkap HY. Dua hari kemudian, polisi kembali membekuk satu tersangka berinisial Z di Medan, Sumatera Utara.

(Baca: Polisi Bekuk Dua Pelaku Perdagangan Orang Utan)

Polisi menyita empat ekor anak orang utan yang berusia tujuh sampai sembilan bulan dari tangan Z. "Atas pengakuan tersangka Z, empat ekor orangutan itu akan dibeli pembeli seharga Rp31 juta," katanya.


Foto barang bukti satwa langka yang diamankan -- MTVN/Dheri Agriesta

Z yang berprofesi sebagai sopir angkutan travel itu mengaku, disuruh K, warga Kabupaten Aceh Besar untuk mengantarkan empat orang utan kepada pembeli di Medan dengan imbalan Rp200 ribu. Namun, ia keburu ditangkap sebelum serah terima.

Polisi menetapkan Z dan HY sebagai tersangka. Keduanya didakwa dengan Pasal 21 ayat (2) a juncto Pasal 40 ayat (2) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda maksimal Rp100 juta.


(NIN)

Djarot: <i>Please</i> Tinggalkan Kendaraan Pribadimu

Djarot: Please Tinggalkan Kendaraan Pribadimu

5 minutes Ago

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, menuntaskan permasalahan kemacetan Ib…

BERITA LAINNYA
Video /