Irman Gusman Ajukan 3 Bukti Baru di Sidang PK

Damar Iradat    •    Rabu, 10 Oct 2018 12:35 WIB
irman gusman ditangkap
Irman Gusman Ajukan 3 Bukti Baru di Sidang PK
Suasana sidang PK Irman Gusman - Medcom.id/Damar Iradat.

Jakarta: Mantan Ketua DPD Irman Gusman mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Irman mengajukan tiga novum (barang bukti baru). 

Novum pertama adalah surat pernyataan Memi, istri Xaveriandy Susanto, pemilik CV Semesta Berjaya. Memi menyatakan pemberian uang Rp100 juta tidak pernah diberitahukan sebelumnya kepada Irman. 

Tim kuasa hukum menilai Irman tidak mengetahui akan diberikan uang. Juga tidak pernah ada pembicaraan soal uang antara keduanya. 

Memi juga disebut tidak pernah menyampaikan pemberian uang Rp100 juta berhubungan dengan 1.000 ton gula dari Perum Bulog untuk operasi pasar yang dilakukan Memi di Sumatera Barat.

"Dengan demikian pertimbangan hakim yang menganggap Irman terbukti menerima hadiah Rp100 juta dari Xaveriandy dan Memi adalah tidak benar dan tidak berdasarkan fakta hukum," kata Lilik Setyajid, tim kuasa hukum Irman, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Oktober 2018.

(Baca juga: Irman Mengakui Minta Jatah Rp300/Kg Gula Impor)

Novum kedua, Memi sudah memesan tiket ke Jakarta sebelum menyampaikan niatnya untuk bertemu dengan Irman. Tim kuasa hukum menyebut Memi ke Jakarta untuk menghadiri pernikahan salah satu kerabatnya, bukan untuk memberikan uang Rp100 juta kepada Irman. 

"Oleh karena itu, Irman tidak dapat dikatakan menerima sesuatu yang berhubungan dengan jabatannya atau bertentangan dengan kewajiban yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatan," lanjut Lilik. 

Novum ketiga, surat perintah setor (SPS) tertanggal 28 Juli 2016. Berdasarkan surat itu dapat disimpulkan Perum Bulog hanya menyetujui penjualan gula untuk operasi pasar. 

Surat itu menyatakan jika operasi pasar yang dilakukan CV Semesta Berjaya hanya sebanyak 1.000 ton, bukan 3.000 ton.

Irman sebelumnya divonis 4,5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Irman dinilai terbukti menerima suap dalam kasus pengadaan gula Bulog di Sumatera Barat. Hakim juga mencabut hak politik Irman selama tiga tahun.

(Baca juga: Irman Gusman Akui Minta Bulog Sediakan 3 Ribu Ton Gula)




(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA