Zumi Zola Menjalani Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 15 Feb 2018 10:57 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola Menjalani Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka
Gubernur Jambi Zumi Zola/MI/Solmi

Jakarta: Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan menjalani pemeriksaan perdana setelah menyandang status tersangka penerimaan gratifikasi atas proyek-proyek di lingkungan Pemprov Jambi.

Zumi yang mengenakan kemeja batik itu irit bicara. Politikus PAN tersebut buru-buru masuk ke lobi KPK.

"Masuk dulu ya, nanti dulu ya," kata Zumi di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018.

Penyidik juga memanggil Oscar M. Akhir selaku pihak swasta. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi Arfan.

Lembaga Antirasuah menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar.

Zumi Zola dan Arfan diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi. Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi Tahun Anggaran 2018.

Zumi Zola dan Arfan disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

KPK sebelumnya menetapkan empat tersangka dalam kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. Keempat tersangka itu ialah anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.


(OJE)