Kuasa Hukum Tunggu Pelimpahan Berkas Novanto

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 06 Dec 2017 13:17 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Kuasa Hukum Tunggu Pelimpahan Berkas Novanto
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Jakarta: Tim kuasa hukum Ketua DPR RI Setya Novanto belum tahu kapan berkas kliennya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor. Namun, berkas Novanto dipastikan sudah lengkap alias P21.
 
"Kami belum tahu kapan berkas dilimpahkan ke pengadilan," kata Maqdir Ismail selaku kuasa hukum Novanto di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Baca: Novanto Bungkam Dicecar Soal Pelimpahan Berkas

Maqdir mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi dari KPK terkait penyerahan berkas Novanto ke Pengadilan. "P21 itu sudah, jadi sekarang ini proses penanganan perkara beliau itu dari penyidik ke penuntut umum," ujarnya.
 
Kua hukum Novanto lainnya, Fredrich Yunadi mengaku keberatan dengan pelimpahan berkas tersebut. Alasannya, KPK belum memeriksa semua saksi yang meringankan. Hingga kini, masih ada sembilan saksi dan ahli yang belum menghadiri panggilan penyidik.
 
"Kami minta mereka memfasilitasi. Saya Senin sudah ajukan surat, bahwa ada beberapa saksi yang akan dipanggil, waktu-waktunya sudah komit untuk tanggal berapa saja. Tapi kan mereka (KPK) enggak menanggapi," kata Fredrich.

Baca: KPK Larang Kader Golkar Jenguk Novanto

KPK melimpahkan berkas penyidikan Ketua DPR Setya Novanto ke tahap II atau penuntutan sejak pekan lalu. Kini, jaksa penuntut memiliki waktu 14 hari dari pelimpahan berkas untuk menyelesaikan surat dakwaan tersebut.
 
Novanto kembali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el untuk kedua kalinya. Novantodiduga telah menguntungkan diri sendiri dan korporasi dari megaproyek tersebut.




(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA