Polisi Berharap Berkas Ahok Lengkap Malam Ini

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 29 Nov 2016 19:33 WIB
kasus hukum ahok
Polisi Berharap Berkas Ahok Lengkap Malam Ini
Ahok di kantor Bareskrim. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkas kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama masih diteliti tim jaksa penuntut umum. Polisi berharap, Kejaksaan Agung menyatakan berkas Ahok lengkap, malam ini.

"Kami lagi menunggu, mudah-mudahan malam ini P21 (berkas lengkap)," kata Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse dan Kriminal Polri Brigjen Pol Agus Andriyanto saat dihubungi, Selasa (29/11/2016).

Berkas perkara Ahok sebanyak 800 halaman. Jumat 25 November, polisi melimpahkan berkas ke Kejaksaan Agung. Kejaksaan menjanjikan akan menentukan sikap Rabu 30 November.

Badan Reserse dan Kriminal menjadikan Ahok tersangka, 16 November. Saat pidato di depan warga di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 27 September, Ahok mengatakan, warga jangan mau dibohongi pakai surat Al Maidah ayat 51. Pernyataan Ahok terkait Pilkada DKI 2017.

Ahok disangkakan Pasal 156a KUHP juncto Pasal 28 ayat 4 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kepala Bareskrim Komjen Ari Dono mengatakan, ada perbedaan pendapat sangat tajam di kalangan ahli terkait ada tindaknya unsur niat menistakan agama oleh Ahok. Hal ini menyebabkan terjadi perbedaan pendapat di tim penyelidik yang jumlahnya 27 orang.

Dia mengatakan, setelah diskusi dicapai kesepakatan meski tidak bulat, namun didominiasi pendapat yang menyatakan perkara ini harus diselesaikan di peradilan terbuka. Konsekuensinya, proses penyelidikan dilanjutkan ke penyidikan.


(TRK)