KPK Sita Dokumen Keuangan Proyek Terkait Kasus Zumi Zola

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 26 Apr 2018 07:38 WIB
ott anggota dprd jambi
KPK Sita Dokumen Keuangan Proyek Terkait Kasus Zumi Zola
Tersangka kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi tahun 2018 Zumi Zola mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (9/4). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah berkas dan dokumen penting dari sejumlah lokasi di Jambi yang digeledah KPK beberapa waktu lalu. Berkas dan dokumen itu diduga berkaitan dengan catatan keuangan dari dugaan gratifikasi yang diterima Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola.

"Penyidik menyita beberapa berkas dan dokumen terkait dengan proyek dan catatan keuangannya," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 25 April 2018.

Baca: Lima Pejabat Pemprov Jambi Diperiksa

Menurut Febri, ada tujuh lokasi yang digeledah penyidik. Lokasi penggeledahan itu antara lain, kantor perusahaan kontraktor dan enam rumah di Kota Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

"Kemarin penyidik menggeledah di tujuh lokasi di Provinsi Jambi terkait dengan TPK menerima Gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi Tahun 2014-2017," jelas Febri.

Tak hanya menggeledah, menurut Febri hari ini tim juga melakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi. Enam saksi yang terdiri dari unsur PNS di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi serta pihak swasta itu diperiksa di Mapolda Jambi.

"Penyidik mendalami pengetahuan saksi terkait dengan pemberian ke Gubernur Jambi," pungkas Febri.

Baca; Plt Gubernur Jambi: Banyak Pejabat Menyimpang


(DEN)