Pembentukan Dewan Kerukunan Nasional Dipersiapkan

Dheri Agriesta    •    Selasa, 05 Jun 2018 13:09 WIB
kerukunan beragama
Pembentukan Dewan Kerukunan Nasional Dipersiapkan
Eks Ketua MK Jimly Asshiddiqie/ANT/Wahyu Putro

Jakarta: Pemerintah dan tokoh masyarakat berbagai kalangan menyiapkan pembentukan Dewan Kerukunan Nasional. Dua pihak bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, pagi tadi.

"Persiapan, tapi substansinya belum selesai. Orang-orangnya sudah," kata Eks Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie usai pertemuan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Juni 2018.

Jimly tak terlalu ingat siapa saja yang hadir dalam pertemuan selama satu jam itu. Setidaknya ada 17 orang dari berbagai unsur yang hadir, dari tokoh masyarakat hingga tokoh agama.

"Spiritnya bagus, untuk kerukunan nasional," tegas dia.

Baca: Kerukunan Umat Beragama Modal Persatuan

Sedangkan eks Menteri Kehakiman Muladi menyebut pembentukan lembaga tersebut akan disahkan melalui peraturan presiden (perpres).

"Ini sedang pembentukan. Sementara pembentukan orangnya melalui perpres, nanti diadakan pelantikan oleh Presiden (Joko Widodo)," jelas Muladi.

Baca: Ketua DPR Minta Tokoh Agama Ikut Jaga Kerukunan Jelang Pemilu

Muladi menjelaskan konsep perpres telah dibicarakan dalam pertemuan itu. Perwakilan tokoh masyarakat dan agama memberikan sejumlah masukan.

Muladi mengatakan akan ada 17 tokoh yang mengisi sejumlah posisi di DKN. Ia tak memerinci siapa dan jabatan apa yang akan diisi.

"Nanti keputusan presiden akan dikeluarkan untuk 17 orang," tegas Muladi.


(OJE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA