Sakit, Anas Batal Bersaksi di Kasus KTP-el

Damar Iradat    •    Senin, 23 Oct 2017 12:52 WIB
korupsi e-ktp
Sakit, Anas Batal Bersaksi di Kasus KTP-el
Anas Urbaningrum - MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tak menghadiri panggilan Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anas sedianya dihadirkan sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi KTP elektronik (KTP-el) dengan terdakwa Andi Gustinus alias Andi Narogong. 

"Kami sebetulnya menjadwalkan empat saksi, tapi satu saksi atas nama Anas Urbaningrum berhalangan hadir," kata Jaksa di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 Oktober 2017. 

Anas berkirim surat terkait ketidakhadirannya. Dalam surat, Anas mengaku sakit. 

Sementara, tiga saksi lainnya, memenuhi undangan jaksa. Mereka adalah Mantan Dirut PNRI Isnu Edhi Wijaya, Mantan Koordinator Keuangan Konsorsium PNRI Indri Mardiani, dan Ketua Manajemen Bersama Konsorsium PNRI Andres Ginting. 

(Baca juga: Anas Naik Pitam Disebut Nazarudin Terima Duit)

Sebelumnya, pada persidangan perkara yang sama dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, Anas sempat hadir sebagai saksi. Pada kesaksiannya saat itu, mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR itu mengaku tidak secara spesifik mengetahui proses proyek KTP-el. 

Apalagi, sampai mengeluarkan perintah khusus untuk mengawal proyek senilai Rp5,9 triliun itu. "Yang saya tahu, ini porgram atau kebijakan pemerintah untuk perbaiki administrasi nasional. (Proyek) jangka panjang," kata Anas saat itu.

Anas dalam surat dakwaan Andi Narogong juga disebut dijanjikan menerima jatah uang sebesar USD5,5 juta dari proyek KTP elektronik senilai Rp5,9 triliun.

(Baca juga: Anas Dicecar soal Dugaan Dana KTP-el di Kongres Demokrat)




(REN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA