Satgas Saber Pungli Telah 1.076 Kali OTT

Ilham wibowo    •    Senin, 16 Oct 2017 14:57 WIB
pungutan liarpungli
Satgas Saber Pungli Telah 1.076 Kali OTT
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Metrotvnews.com/Arga

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 1.076 kali. Jumlah tersebut terhitung sejak Saber Pungli dibentuk pada Oktober 2016.

"Mulai dari OTT kecil sampai besar," kata Tito dalam rapat kerja gabungan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Dari ribuan jumlah operasi tersebut, Polri telah menetapkan 2.148 tersangka. Tito menuturkan, dari penindakan tindak pidana korupai itu, 11 perkara di antaranya telah masuk ke tahapan vonis.  

"Dari 1.076 OTT, ditangkap 2.148 tersangka, disidik 603 perkara, P19 (berkas perkara belum lengkap) 435 perkara, P21 (berkas perkara lengkap) 47 perkara, dituntut 5 perkara, sidang 8 perkara, dan vonis 11 perkara," bebernya.

Dari hasil operasi Satgas Saber pungli, kata Tito, kerugian negara sebesar Rp315 miliar bisa dikembalikan. Kasus pungli terbesar tercatat ada di wilayah Kalimantan Timur dengan hasil barang bukti operasi senilai Rp268 miliar. Sementara, barang bukti terkecil berada di Papua Barat dengan barang bukti Rp400 ribu.

Ia memastikan Satgas Saber Pungli juga tengah menelusuri lebih dalam dari temuan perkara tersebut. Oknum yang merugikan negara hingga triliunan rupiah, kata dia, akan terus ditelusuri.

"Potensial Rp 2,7 triliun, yakni untuk satu kasus yang melibatkan koperasi Samudera Sejahrera di Kaltim. Ini dihitung dari kewajiban perusahaan yang harus membayar koperasi dengan dalih untuk biaya bongkar muat," tuturnya.




(UWA)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

1 hour Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA